JudulPengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik Terhadap Perencanaan Studi Lanjut Siswa Di SMA Negeri 7 Marawola Kabupaten Sigi |
Nama: LILIYANA TOBIGO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan serta menjelaskan pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik terhadap perencanaan studi lanjut siswa di SMA Negeri 7 Marawola Kabupaten Sigi. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode one group pretest-postes. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket perencanaan studi lanjut dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diuraikan dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Perencanaan studi lanjut siswa kelas XII IPA 1 di SMA Negeri 7 Marawola dari 8 siswa yang diteliti, sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik modeling simbolik siswa yang memiliki perencanaan studi lanjut rendah. Siswa yang memiliki minat sangat sesuai dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok yaitu 2,78%, siswa yang mengalami minat sesuai 16,67%, sedangkan 2,78% siswa yang mengalami minat sangat tidak sesuai dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok dalam perencanaan studi lanjut. Kemudian sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik modeling simbolik dari 8 siswa yang diteliti, terdapat peningkatan klasifikasi minat perencanaan studi lanjut pada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik modeling simbolik sangat berpengaruh terhadap perencanaan studi lanjut siswa di SMA Negeri 7 Sigi. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Modeling Simbolik, Perencanaan, Studi Lanjut |