JudulPERBANDINGAN CARA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA BERPACARAN DENGAN TIDAK BERPACARAN SMA NEGERI 9 PALU |
Nama: NURHALIMA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nurhalima, 2021, Perbandingan Cara Belajar Dan Prestasi Belajar Antara Siswa Berpacaran Dengan Tidak Berpacaran SMA Negeri 9 Palu. SKRIPSI. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Muh. Mansyur Thalib. Kata Kunci: Cara Belajar, Prestasi Belajar dan Berpacaran . Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaiman cara belajar dan prestasi belajar siswa yang berpacaran dan siswa yang tidak berpacaran di SMA Negeri 9 Palu, serta apakah cara belajar siswa yang tidak berpacaran lebih baik dibandingkan dengan cara belajar siswa yang berpacaran dan prestasi belajar siswa yang tidak berpacaran lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang berpacaran. Subjek penelitian ini berjumlah 154 orang siswa, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket cara belajar. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t (satu ekor). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa cara belajar siswa yang berpacaran yaitu 3,95% siswa yang cara belajarnya sangat baik, 27,63% siswa yang cara belajarnya baik, 52,63% siswa yang cara belajarnya kurang baik, dan 15,79% siswa yang cara belajarnya tidak baik. Sedangkan Cara belajar siswa yang tidak berpacaran yaitu 12,82% siswa yang cara belajarnya sangat baik, 55,13% siswa yang cara belajarnya baik, 32,05% siswa yang cara belajar kurang baik. Selanjutnya analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang berpacaran yaitu 78,95% siswa yang memiliki prestasi belajar yang tinggi dan 21,05% siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah. Sedangkan prestasi belajar siswa yang tidak berpacaran yaitu 41,03% siswa yang memiliki prestasi belajar yang sangat tinggi, 57,69% siswa yang memiliki prestasi belajar yang tinggi dan 1,28% siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa cara belajar siswa yang tidak berpacaran lebih baik dibandingkan dengan cara belajar siswa yang berpacaran dan prestasi belajar siswa yang tidak berpacaran lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang berpacaran di SMA Negeri 9 Palu. ABSTRACT Nurhalima. 2021. Comparison of Ways of Learning and Learning Achievements Between Dating and Non-Dating Students at SMA Negeri 9 Palu. Skripsi. Guidance and Counselling Study Program. Education Science Department. Teacher Training and Education Faculty. Tadulako University. Under the supervision of Muh. Mansyur Thalib. The problems in this research are, "How are ways of learning and learning achievement of dating and non-dating students at SMA Negeri 9 Palu? Do ways of learning of non-dating students are better than dating students? Do the learning achievements of non-dating students are higher than dating students at SMA Negeri 9 Palu? The research subjects were 154 students and the research instrument was questionnaires on the ways of learning. The collected data were analyzed descriptively and inferentially. Hypothesis testing was carried out using the t-test (one-tailed). The results of the descriptive analysis showed that the ways of learning of dating students are 3.95% of students are outstanding, 27.63% of students are good, 52.63% of students are poor, and 15.79% of students are unsatisfactory. While the ways of learning non-dating are 12.82% of students are very good, 55.13% of students are good, and 32.05% of the students are unsatisfactory. Descriptive analysis showed that the learning achievement levels of dating students are 78.95% of students at a high level, and 21.05% of students at a low level. Meanwhile, the learning achievements levels of non-dating students are 41.03% at a very level, 57.69% of students at a high level, and 1.28% of students at a low level. The results of the inferential analysis show that the ways of learning of non-dating students are better than dating peers, and the learning achievement of non-dating students is higher than that of dating students at SMA Negeri 9 Palu. Keywords: ways of learning, learning achievements, dating, non-dating |