JudulRESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS TADULAKO ANGKATAN 2018 – 2020 DALAM PROSES BELAJAR DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: ABDUL FARIS S. PAKAYA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Abdul Faris S. Pakaya, 2021. “Resiliensi Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Tadulako Angkatan 2018 – 2020 Dalam Proses Belajar Daring di Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ikhlas Rasido. “Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah resiliensi akademik mahasiswa dalam menjalani proses belajar daring dimasa pandemi covid-19”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat resiliensi akademik mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Tadulako angkatan 2018 -2020 dalam proses belajar daring di masa pandemi covid-19. Subjek penelitian berjumlah 156 orang mahasiswa yang terdaftar aktif pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket resiliensi akademik mahasiswa. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisisi deskriptif menunjukkan bahwa tingkat resiliensi akademik mahasiswa yang berada pada kriteria sedang dengan jumlah 99 orang atau 63%, lebih banyak dari pada mahasiswa yang berada pada kriteria rendah dengan jumlah 29 orang atau 19%, dan kriteria tinggi berjumlah 28 orang atau 18%. Kemudian hasil penelitian berdasarkan jenis kelamin, laki-laki berada pada kriteria sedang dengan jumlah 23 orang atau 72%, kriteria tinggi berjumlah 5 orang atau 16?n 4 orang atau 12% yang berada pada kriteria rendah. Sedangkan perempuan berada pada kriteria sedang dengan jumlah 81 orang atau 65%, kriteria rendah berjumlah 23 orang atau 19%, dan kriteria tinggi berjumlah 20 orang atau 16%. Kata kunci : Resiliensi Akademik, Jenis Kelamin, Mahasiswa, Belajar Daring |