JudulEFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAY UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK DI SMP NEGERI 7 PALU |
Nama: NINING |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nining, 2022, Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Role Play Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Di SMP Negeri 7 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako, Pembimbing Durrotunnisa. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Role Play, Prokrastinasi Akademik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengurangi prokrastinasi akademik dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik role play. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prokrastinasi akademik di SMP Negeri 7 Palu sebelum dan sesudah mendapat layanan bimbingan kelompok. Serta untuk menguji atau membuktikan apakah layanan bimbingan kelompok teknik role play efektif dalam mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 6 siswa, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket prokrastinasi akademik dan observasi prokrastinasi akademik. Angket prokrastinasi sudah divalidasi dengan nilai reliabilitas alpha 0,883 pada taraf signifikasi 0,05, uji prasyarat sebelum dilakukan uji t menunjukkan homogen + linier = normalitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik statistik yaitu uji t (1 ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa prokrastinasi akademik siswa sebelum diberikan bimbingan kelompok teknik role play terdapat 6 siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Palu yang menjadi subjek, tidak ada siswa yang memiliki prokrastinasi akademik sangat sesuai, ada 1 atau 16,66% siswa yang memiliki prokrastinasi akademik yang sesuai, ada 5 atau 83,33% siswa yang memiliki prokrastinasi akademik yang tidak sesuai, dan tidak ada siswa yang memiliki prokrastinasi akademik yang sangat tidak sesuai. Sedangkan prokrastinasi akademik siswa sesudah diberikan bimbingan kelompok teknik role play terdapat 6 siswa yang menjadi subjek, tidak terdapat siswa yang memiliki perubahan prokrastinasi akademik sangat sesuai, dan ada 3 atau 50% siswa yang mengalami pengurangan prokrastinasi akademik dari tidak sesuai menjadi sesuai yaitu pada nomor 1,5, dan 6. Sedangkan siswa yang tidak mengalami perubahan prokrastinasi akademik ada 3 atau 50% yaitu nomor 2,3, dan 4. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik role play efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Palu. |