JudulEFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII DI SMA NEGERI 1 TOJO, SULAWESI TENGAH |
Nama: MANK AYU MONICA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Mank Ayu Monica 2021. “Efektivitas Layanan Informasi dengan Metode blended learning dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII SMA Negeri 1 Tojo, Sulawesi Tengah”. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Dhevy Puswiartika, M.Psi., Psikolog. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh layanan informasi dengan metode blended learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XII di SMA Negeri 1 Tojo, Sulawesi Tengah dan minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan metode blended learning. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan peningkatan minat belajar sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan informasi dengan metode blended learning. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus uji-t pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa minat belajar siswa sebelum dilaksanakan layanan informasi dengan metode blended learning terdapat 0% siswa sangat bermiat, 41% siswa berminat, 51% tidak berminat, dan 8% siswa sangat tidak berminat. Sesudah dilaksanakan layanan informasi dengan metode blended learning diketahui bahwa terdapat 23% siswa sangat berminat, 58% siswa berminat, 16% siswa tidak berminat, dan 3% siswa sangat tidak berminat. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi dengan metode blended learning terhadap minat belajar siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Tojo, Sulawesi Tengah. Kata Kunci: Metode Blended Learning, Minat Belajar |