JudulPENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA |
Nama: WAHDANIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Wahdania, 2024. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Nurwahyuni. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah melakukan layanan bimbingan kelompok teknik self management, menjelaskan pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik self management terhadap kemandirian belajar siswa. Subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas XI SMA 01 Pasangkayu berjumlah 13 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemandirian belajar. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Teknik Analisis data statistik yang digunakan adalah menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum mengikuti bimbingan kelompok teknk self management dari 13 siswa yang diteliti memiliki kemandirian belajar yang rendah dengan presentase yaitu 52,21%, dari 13 siswa ada 10 siswa yang mengalami peningkatan klasifikasi kemandirian belajar dari rendah menjadi tinggi, dan 1 siswa dari klasifikasi rendah menjadi sangat tinggi, dan ada 2 siswa yang hanya mengalami peningkatan presentase namun tetap berada pada klasifikasi rendah, rata-rata presentase meningkat menjadi 68,94% %, sesudah mengikuti bimbingan kelompok teknik self management. Hasil analisis menunjukan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak artinya Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok teknik self management terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI SMA 01 Pasangkayu. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Self Management, Kemandirian Belajar |