JudulPenerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa |
Nama: NAHDLA INDRI SHALSABILA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan Perilaku Asertif Siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan Penerapan Metode Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 8 siswa. Jenis tindakan yang dilakukan adalah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan Metode Talking Stick. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua cara, yaitu: Skala dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilaksanakan siklus I, persentase peningkatan Perilaku Asertif menjadi sebesar 56,20%, sedangkan pada siklus II persentase peningkatan Perilaku Asertif menjadi 70,00%. dengan selisih 13,80?ri siklus I. Hasil penelitian ini membuktikan tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan pada siklus II yang telah diperbaiki berdasarkan hasil refleksi dari siklus I. Oleh karena itu dapat dibuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan Penerapan Metode Talking Stick dapat meningkatkan Perilaku Asertif Siswa. Kata Kunci : Perilaku Asertif, Bimbingan Kelompok, Talking Stick. |