JudulHUBUNGAN ANTARA SELF AWARENESS DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID 19 SISWA SMA NEGERI 3 BALAESANG |
Nama: YUSDAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Yusdan, 2021.Hubungan Antara Self Awereness dengan Kediplinan Belajar Di Masa Pandemi Covid 19 Siswa SMA Negeri 3 Balaesang.Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Munifah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antaraSelf Awereness dengan Kedisiplinan Belajar Siswa.Subjek penelitian yang diambil sebanyak 115 siswa.Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Angket Self Awereness dan Angket Kedisiplinan Belajar.Data yang diperoleh dalam penelitian ini di analisis dengan teknik korelasi product moment pada taraf signifikan 95%.Berdasarkan hasil analisis deskriptif self awereness diperoleh bahwa terdapat 16,52% siswa yang memiliki self awereness tinggi, 72,17% siswa yang memiliki self awereness sedang, 11,31% siswa yang memiliki self awereness rendah. Deskripsi kedisiplinan belajar41,73% siswa yang memiliki kedisiplinan belajar sangat baik, 53,05% siswa yang memiliki kedisiplinan belajar baik, 5,22% siswa yang memiliki kedisiplinan belajar kurang baik. Berdasarkan hasil analisis inferensial, pada taraf kepercayaan 95% (?=0.05), nilai pada rtabel diperoleh 0,195, &rhitung 0,379demikian maka rhitung>rtabel atau 0,379>0,195.Hal ini berarti hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak ada hubungan antara self awerenessdengan kedisiplinan belajar tidak diterima atau ditolak.Berdasarkan penjelasan tersebut hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antaraself awereness dengan kedisiplinan belajar. Kata Kunci :Self Awereness, Kedisiplinan Belajar, Pandemi Covid 19 |