Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALU
Nama: WIWI WIDANINGSIH
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Wiwi Widaningsih, 2021. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management dalam Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palu”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Munifah. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik self management dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa. Pemberian angket dilakukan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik self management. Data hasil angket dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial berdasarkan rumus Wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik self management diantaranya: 6 siswa yaitu JS, MR, MA, MRF, MRA, dan YL memiliki klasifikasi perilaku sopan santun kurang baik. Setelah layanan bimbingan kelompok teknik self management dilaksanakan, ada 2 siswa yaitu JS dan MA memiliki perilaku sopan santun baik, 4 siswa yaitu MR, MRF, MRA, dan YL memiliki klasifikasi perilaku sopan santun kurang baik. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) yang berbunyi tingkat perilaku sopan santun siswa sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik self management tidak lebih baik dibandingkan sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik self management, tidak diterima (ditolak). Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa nilai Thitung < nilai Ttabel Wilcoxon atau 0 < 2. Berdasarkan hasil penelitian bahwa layanan bimbingan kelompok teknik self management lebih baik dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management, Perilaku Sopan Santun.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up