JudulPENGARUH SELF INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR DI MASA PANDEMIC COVID-19 |
Nama: SYAFYUDIN SUE |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Syafyudin Sue, 2022. Pengaruh Self Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Di Masa Pandemic Covid-19. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Munifah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok self instruction terhadap pengurangan kejenuhan belajar di masa pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Menggunakan rancangan penelitian One Group Pretest-Postest Design (tanpa pembanding). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa yang memiliki kejenuhan belajar. Teknik pengumpulan data adalah angket kejenuhan belajar. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial dilakukan secara statistik dengan rumus uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa perilaku kejenuhan belajar sebelum diberikan treatment teknik self instruction terdapat 6 siswa yaitu: MR, IO, IR, AA, RA dan MJ yang memiliki perilaku kejenuhan belajar tinggi. Setelah diberikan treatment teknik self instruction siswa memiliki perilaku kejenuhan belajar rendah. Perilaku kejenuhan belajar sesudah diberikan treatment teknik self instruction menurun sebelum diberikan treatment teknik self instruction. Hasil inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh self instruction untuk mengurangi kejenuhan belajar di masa pandemic covid-19. Kata Kunci: Teknik Self Instruction, Kejenuhan Belajar |