JudulHUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU |
Nama: SAFARUDIN |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Safarudin, 2022. Hubungan Regulasi Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azam Arifyadi. Permasalahan dalam Penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara regulasi diri dengan intensitas penggunaan media sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui hubungan regulasi diri dengan intensitas penggunaan media sosial siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket Regulasi Diri dan angket Intensitas Penggunaan Media Sosial. Pengujian hipotesis penelitian ini dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment pada signifikan 95% (a=0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa 5% siswa yang memiliki regulasi diri sangat tinggi, 88% siswa yang memiliki regulasi diri tinggi, dan 7% siswa yang memiliki regulasi diri rendah, dan tidak ada siswa yang memiliki regulasi diri sangat rendah. Selanjutnya 12% siswa yang memiliki intensitas penggunaan media sosial sangat tinggi, 85% siswa yang memiliki intensitas penggunaan media sosial tinggi, dan 3% siswa yang memiliki intensitas penggunaan media sosial rendah, dan tidak ada siswa yang memiliki intensitas penggunaan media sosial sangat rendah. Hasil analisis inferensial pada teknik korelasi product moment menunjukan bahwa ada hubungan antara regulasi diri dengan intensitas penggunaan media sosial siswa. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa rhitung >rtabel atau 0,568 > 0,195 Hasil Analisis inferensial menunjukan ada hubungan yang positif antara regulasi diri dengan intensitas penggunaan media sosial siswa kelas X SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Kata Kunci: Regulasi Diri, Intensitas Penggunaan Media Sosial, Siswa SMA. |