JudulRESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU EMPATI SISWA DI SMP NEGERI 1 LABUAN |
Nama: RESTU MUHAMMAD |
Tahun: 2023 |
Abstrak Restu Muhammad, 2022. Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Perilaku Empati Siswa Di SMP Negeri 1 Labuan. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Munifah. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh konseling kelompok restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan perilaku empati siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket perilaku empati. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diberikan konseling kelompok restrukturisasi kognitif terdapat 2 siswa yang memiliki perilaku empati yang sangat rendah yaitu 37?n 31%, 4 siswa yang memiliki perilaku empati dalam klasifikasi rendah yaitu 51%, 51%, 55%,dan 53%, 2 siswa yang memiliki perilaku empati yang tinggi yaitu 62?n 77%. Setelah diberikan konseling kelompok restrukturisasi kognitif, terjadi peningkatan perilaku empati: terdapat 4 siswa yang memiliki perilaku empati dalam klasifikasi rendah yaitu 48%, 48%, 57%,dan 55%, 3 siswa yang memiliki perilaku empati dalam klasifikasi tinggi yaitu 66%, 60%, dan 64%, 1 siswa yang memiliki perilaku empati dalam klasifikasi sangat tinggi yaitu 91%. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa perilaku empati pada siswa SMP Negeri 1 Labuan setelah diberikan konseling kelompok restrukturisasi kognitif lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan konseling kelompok restrukturisasi kognitif. Penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan perilaku empati siswa di SMP Negeri 1 Labuan. Kata Kunci: Restrukturisasi Kognitif, Perilaku Empati. |