JudulHUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA PALU |
Nama: REGITA CAHYANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Regita Cahyani, 2021. Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Hasil Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing. Munifah. Permasalahan pada penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara stres akademik dengan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah menjelaskan hubungan antara tingkat stres akademik dengan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 125 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket stres akademik dan nilai raport hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik korelasi product moment pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa ada 10% siswa yang memiliki stres akademik sangat tinggi, 38% siswa yang memiliki stres akademik tinggi, 44% siswa yang memiliki stres akademik rendah, dan 7% siswa yang memiliki stres akademik sangat rendah. Selanjutnya 18% siswa yang memiliki hasil belajar sangat tinggi, 46% siswa yang memiliki hasil belajar tinggi, 35% siswa yang memiliki hasil belajar rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa rhitung > rtabel atau 0,698 > 0,176 yang berarti hipotes is nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara stres akademik dengan hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Palu. Kata Kunci : stres akademik, hasil belajar |