JudulMeningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home Melalui Konseling Kelompok Teknik Reinforcement Positif Di SMP Negeri 4 Bolano Lambunu |
Nama: RATNA NUR HANITA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Ratna Nur Hanita, 2021. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home Melalui Konseling Kelompok Teknik Reinforcement Positif Di SMP Negeri 4 Bolano Lambunu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Durrotunnisa. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah konseling kelompok teknik reinforcement positif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa broken home. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home melalui layanan konseling kelompok teknik reinforcement positif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling menggunakan model Kemmis dan MC Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 siswa kelas VIII yang memiliki motivasi belajar rendah dan memiliki catatan khusus. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi dan wawancara. Tindakan konseling konseling kelompok teknik reinforcement positif dilaksanakan selama 4 minggu. Persentase motivasi belajar siswa broken home pada pra- tindakan sebesar 36% meningkat sebesar 15,99% setelah dilaksanakan siklus I. Sedangkan setelah dilaksanakan tindakan konseling kelompok teknik reinforcement positif siklus II persentase motivasi belajar siswa meningkat sebesar 66,33%. Hal ini menunjukkan keberhasilan pelaksanaan tindakan konseling kelompok teknik reinforcement positif siklus II yang telah diperbaiki berdasarkan hasil refleksi dari siklus I. Jadi, hasil penelitian membuktikan bahwa konseling kelompok teknik reinforcement positif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa broken home SMP Negeri 4 Bolano Lambunu. Kata Kunci : Konseling Kelompok Teknik Reinforcement Positif, Motivasi Belajar Siswa Broken Home |