Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUPAYA MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGAMENT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 PALU
Nama: NINDA FATIKASARI
Tahun: 2021
Abstrak
Ninda Fatikasari, 2021. Upaya Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ridwan Syahran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 11 Palu melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa dengan pertimbangan bahwa subjek sering melakukan perilaku prokrastinasi. Jenis tindakan yang dilakukan adalah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik self management. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah dilaksanakan siklus I, persentasi rata-rata perilaku prokrastinasi akademik siswa mengalami perubahan sebanyak 20,31%, sedangkan pada siklus II persentasi rata-rata perilaku prokrastinasi akademik siswa mengalami perubahan sebanyak 50,21%. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan pada siklus II yang telah diperbaiki berdasarkan hasil refleksi dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok teknik self management dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP Negeri 11 Palu. Kata Kunci : Perilaku prokrastinasi akademik siswa, Bimbingan Kelompok Teknik Self Management.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up