JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI PEMAHAMAN DIRI TERHADAP EFIKASI DIRI PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA SMA NEGERI 1 AMPIBABO |
Nama: MOH FANDIS |
Tahun: 2022 |
Abstrak Moh Fandis, 2022. “Pengaruh Layanan Informasi Pemahaman Diri Terhadap Efikasi Diri Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa SMA Negeri 1 Ampibabo”. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azam Arifyadi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efikasi diri siswa pada masa pandemi covid-19 sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi pemahaman diri, serta apakah ada pengaruh positif pemberian layanan informasi pemahaman diri terhadap peningkatan efikasi diri siswa. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh positif layanan informasi pemahaman diri terhadap efikasi diri siswa SMA Negeri 1 Ampibabo. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian adalah angket efikasi diri. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase efikasi diri sebelum mengikuti layanan informasi pemahaman diri yaitu: 20% siswa yang memiliki efikasi diri tinggi, ada 52% siswa yang memiliki efikasi diri rendah dan 28% siswa yang memiliki efikasi diri sangat rendah. Sesudah diberikan layanan informasi pemahaman diri, maka terjadi peningkatan persentase efikasi diri siswa yaitu: 32% siswa yang memiliki efikasi diri tinggi, ada 64% siswa yang memiliki efikasi diri rendah dan ada 4% siswa yang memiliki efikasi diri sangat rendah. Hasil inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi pemahaman diri terhadap efikasi diri pada masa pandemi covid-19 siswa SMA Negeri 1 Ampibabo. Kata kunci: Pemahaman diri, efikasi diri, analisis deskriptif |