Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PEMANFAATAN MEDIA INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH ALKHAIRAAT KALANGKANGAN DI MASA PANDEMI
Nama: MOH ASHAR
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Moh. Ashar. “Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Pemanfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar Siswa MA Alkhairaat Kalangkangan di Masa Pandemi”. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Munifah. Pepulasi dalam penelitian ini berjumlah 349 orang siswa, sampel yang diambil sebanyak 110 orang siswa yang diambil secara stratified purposive sampilng. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket kemandirian belajar dan angket pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar siswa. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikan 95% (? = 0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa 62,73% siswa yang mandiri dalam kegiatan belajarnya, 34,55% siswa yang tidak mandiri dalam kegiatan belajarnya, dan 2,72% siswa yang sangat tidak mandiri dalam kegiatan belajarnya. Selanjutnya 67,27% siswa yang memanfaatkan media internet sebagai sumber belajar yang tinggi, 30,90% siswa yang memanfaatkan media internet sebagai sumber belajar yang rendah, dan 1,83% siswa yang memanfaatkan media internet sebagai sumber belajar yang sangat rendah. Pengujian hipotesis, menunjukkan bahwa rhitung ? rtabel atau 0,646 ? 0,195. Hasil analisis inferensial menunjukkan terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dengan pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar siswa. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Internet

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up