JudulPERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 PALU DI MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: MIRAVNI PASADJU |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Miravni Pasadju. 2021. Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Palu Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Micha F. Silalahi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana metode dan dampak dari metode yang diberikan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Palu di masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan metode guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendeskripsikan dampak dari metode yang diberikan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajara siswa SMP Negeri 2 Palu di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis yang bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19. Informan dalam penelitian ini berjumlah delapan orang yang terdiri dari lima orang siswa, seorang guru bimbingan dan konseling, seorang guru mata pelajaran dan kepala sekolah. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan, peranan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 sudah baik. Guru bimbingan dan konseling SMP Negeri 2 melakukan home visit kepada siswa yang kurang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran secara online untuk berkomunikasi dengan orang tua siswa tersebut dan memberikan layanan informasi mengenai motivasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukan metode yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling berdampak kepada siswa terbukti dengan motivasi belajar siswa meningkat, siswa menjadi lebih disiplin dan siswa lebih fokus mengikuti pelajaran. Kata Kunci : Guru Bimbingan dan Konseling, Motivasi belajar |