Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PENINGKATKAN MINAT MENERIMA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KASIMBAR
Nama: IZWAR DJAIR HI. HARUNA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Izwar Djair Ha. Haruna, 2021. “Pengaruh Layanan Informasi Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Meningkatkan Minat Menerima Layanan Bimbingan Dan Konseling Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kasimbar”. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh postif pemberian layanan informasi peran guru bimbingan dan konseling terhadap meningkatkan minat menerima layanan bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh positif layanan informasi peran guru bimbingan dan konseling terhadap meningkatkan minat menerima layanan bimbingan dan konseling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket minat menerima layanan bimbingan dan konseling. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa presentase minat menerima layanan bimbingan dan konseling sebelum mengikuti layanan informasi peran guru bimbingan dan konseling yaitu: 45,5% siswa yang berminat menerima layanan bimbingan dan konseling, ada 27,3% siswa yang tidak berminat menerima layanan bimbingan dan konseling, 27,3% siswa yang sangat tidak berminat menerima layanan bimbingan dan konseling. Sesudah diberikan layanan informasi peran guru bimbingan dann konseling, maka terjadi peningkatan presentase minat menerilam layanan bimbingan dan konseling yaitu: 9,09% siswa yang sangat berminat menerima layanan bimbingan dan konseling, ada 63,63% siswa yang berminat menerima layanan bimbingan dan konseling, ada 13,64% siswa yang tidak berminat menerima layanan bimbingan dan konseling, ada 13,64% siswa yang sangat tidak berminat menerima layanan bimbingan dan konseling. Hasil inferensial menunjukan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi peran guru bimbimngan dan konseling terhadap meningkatkan minat menerima layanan bimbingan dan konseling siswa X Di SMA Negeri 1 Kasimbar. Kata kunci: peran guru bimbingan dan konseling, minat menerima layanan bimbingan dan konseling

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up