JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI SELF-REGULATED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 1 PALELEH |
Nama: FIKRI FAJRIAWAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Fikri Fajriawan 2021. Pengaruh Layanan Informasi Self Regulated Learning dengan menggunakan Media Audiovisual untuk Mengurangi Perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 paleleh. Skripsi, program studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif pemberian layanan informasi self regulated learning menggunakan media audiovisual untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh positif layanan informasi layanan self regulated learning menggunakan media audiovisual terhadap perilaku prokrastinasi siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 13 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket prokrastinasi akademik. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik statistik uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa sebelum diberikan layanan informasi self regulated learning menggunakan media audiovisual ada 15,38% siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik tinggi, ada 61,54% siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi sedang, ada 23,08% siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi rendah. Setelah diberikan layanan informasi self regulated learning menggunakan media audiovisual, terjadi pengurangan perlaku prokrastinasi akademik siswa, yaitu ada 7,69% siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik tinggi, 23,08% siswa yang memiliki prokrastinasi akademik sedang, 46,15% siswa yang memiliki prokrastinasi akademik rendah, 23,08% siswa yang memiliki prokrastinasi akademik sangat rendah. Hasil analisis inferensial hipotesis nol (H0) ditolak (tidak diterima), berdasarkan nilai tersebut dapat menujukkan bahwa nilai t hitung > nilai t tabel atau 8,34 > 1,78. Hasil penelitian menujukan bahwa ada pengaruh positif pemberian layanan informasi self regulated learning dengan menggunakan media audiovisual untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Paleleh. Kata Kunci : self regulated learning, prokrastinasi akademik, media audiovisual |