JudulHUBUNGAN ANTARA STEREOTYPE NEGATIF DENGAN PRASANGKA SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 7 PALU |
Nama: EVI NIRMAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Evi Nirmawati,, 2021. Hubungan Antara Stereotype Negatif Dengan Prasangka Sosial Siswa Di SMA Negeri 7 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ridwan Syahran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara stereotype negatif dengan prasangka sosial siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 7 Palu dengan jumlah 150 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk memperoleh data tentang stereotype negatif dan prasangka sosial siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik persentase, dan teknik korelasi product moment pada taraf signifikan 95 % (? = 0.05). Berdasarkan hasil analisis deskriptif stereotype negatif diperoleh bahwa terdapat 14% siswa yang memiliki stereotype negatif sangat tinggi, 84% siswa yang memiliki stereotype negatif yang tinggi, terdapat 4% siswa yang memiliki stereotype negatif yang rendah. Deskriptif prasangka sosial terdapat 4% siswa yang memiliki prasangka sosial yang sangat tinggi 90,6% siswa yang memiliki prasangka sosial yang tinggi, terdapat 5,3% siswa yang memiliki prasangka sosial yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian keadaan rtabel product moment dengan n = 150, pada taraf kepercayaan 95% (? = 0.05), rtabel diperoleh 0,159. Dengan demikian maka rhitung > rtabel atau 0,222>0,159. Hal ini berarti hipotesis nol (h0) yang menyatakan tidak ada hubungan antara stereotype negatif dengan prasangka sosial ditolak. berdasarkan penjelasan tersebut hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara stereotype negatif dengan prasangka sosial siswa di SMA Negeri 7 Palu. |