Judul HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC HARDINESS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI COVID 19 SMP NEGERI 4 PALU |
Nama: AIN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ain, 2022. Hubungan antara Academic Hardiness Dengan Motivasi Belajar Dimasa Pandemic Covid-19 Siswa SMP Negeri 4 Palu. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan.Universitas Tadulako. Pembimbing. Ridwan Syahran. Permasalahan pada penelitian ini yaitu adakah hubungan antara academic hardiness dengan motivasi belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan hubungan antara academic hardiness dengan motivasi belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 siswa. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket academic hardiness dan angket motivasi belajar siswa. data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik korelasi product moment pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa ada 29% siswa yang memiliki academic hardiness tinggi, 57% siswa yang memiliki academic hardiness sedang, dan 15% siswa yang memiliki academic hardiness rendah. Selanjutnya 23% siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, 56% siswa yang memiliki motivasi belajar sedang, 21% siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa rhitung > rtabel atau 0,755 > 0,138 yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak, yang berarti ada hubungan antara academic hardiness dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 4 Palu Kata kunci : Academic Hardiness,Motivasi Belajar |