JudulPeningkatan Etika Berbicara Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palu |
Nama: FADLIA WT ALI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa menujukkan sikap tidak sopan dalam berbicara terhadap yang lebih tua, menyinggung perasaan orang lain ketika berbicara,Sering berbicara kasar kepada teman. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan keefektifan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan etika berbicara siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket etika berbicara. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial yang digunakan adalah statistik dengan rumus Wilcoxon sign rank test pada taraf signifikan 95%. Hasil deskriptif sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama persentase rata-rata etika berbicara sebesar 44.81%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa etika berbicara rendah, sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, persentase rata-rata etika berbicara siswa sebesar 65.92% masuk dalam klasifikasi tinggi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan persentase etika berbicara terjadi peningkatan setelah pemberian layanan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palu Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa etika berbicara siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palu meningkat dibandingkan sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama, Etika Berbicara. |