Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulTEKNIK SELF DISCLOSURE UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA DI SMK NEGERI 2 PALU
Nama: MASRINA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Masrina, 2020. Teknik Self Disclosure Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Mardi Lestari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat percaya diri siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah menjelaskan teknik self disclosure untuk meningkatkan percaya diri siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen pre test-post test one group desaign. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial berdasarkan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat percaya diri siswa sebelum pelaksanaan teknik self disclosure, di antara lain: ada 6 atau 100% siswa yang memiliki percaya diri rendah. Sesudah melakukan self disclosure didapatkan bahwa ada 1 atau 16,7% siswa yang memiliki percaya diri yang sangat tinggi, 3 atau 50% siswa yang memiliki percaya diri yang tinggi. Dan ada 2 atau 33,4% siswa yang memiliki percaya diri tetap. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa nilai T Hitung < nilai T Tabel Wilcoxon atau -21 < 2. Hasil penelitian menunjukan teknik self disclosure dapat meningkatkan percaya diri siswa. Kata Kunci : Teknik Self Disclosure, Percaya Diri, Konseling Kelompok, Bimbingan dan Konseling

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up