Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Bibliocounseling Terhadap Pengurangan Perilaku Bullying Verbal Siswa SMA Negeri 4 Palu
Nama: WARDANI
Tahun: 2021
Abstrak
Wardani, 2020. Pengaruh layanan Konseling Kelompok Teknik bibliocounseling tehadap perilaku bulyiing verbal Siswa SMA Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Durrotunnisa. Latar belakang dari penelitian ini adalah ditemukan perilaku-perilaku bullying verbal yang dilakukan oleh 6 siswa berdasarkan hasil wawancara dan obsevasi terhadap salah satu guru Bimbingan dan Konseling selama peneliti melaksanakan kegiatan pengenalan lingkungan persekolah (PLP) di SMA Negeri 4 Palu pada September sampai dengan Oktober tahun 2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah menjelaskan tingkat perilaku bullying verbal siswa sesudah diberikan konseling kelompok teknik bibliocounseling lebih rendah dibandingkan sebelum diberikan konseling kelompok teknik bibliocounseling tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh konseling kelompok teknik bibliocounseling dalam mengurangi perilaku bullying verbal siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diberikan konseling kelompok teknik bibliocounseling terdapat 4 siswa yaitu 66% ,64%, 62%, dan 62% siswa yang memiliki perilaku bullying verbal yang tinggi, terdapat 2 siswa yaitu 57?n 57% siswa yang memiliki perilaku bullying verbal yang rendah,. Sesudah diberikan konseling kelompok teknik bibliocounseling, terjadi pengurangan perilaku bullying verbal antara lain: terdapat 6 siswa 48%, 50%, 48%, 44%, 42F% siswa yang memiliki perilaku bullying verbal yang rendah. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa perilaku bullying verbal siswa SMA Negeri 4 Palu sesudah diberikan konseling kelompok teknik bibliocounseling lebih rendah dibandingkan sebelum diberikan konseling kelompok teknik bibliocounseling. Penelitian ini membuktikan bahwa konseling kelompok teknik bibliocounseling berpengaruh dalam mengurangi perilaku bullying verbal siswa dengan demikian maka pernyataan tidak ditolak atau diterima. Kata Kunci :Konseling Kelompok Teknik Bibliocounseling, Perilaku Bullying verbal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up