JudulPENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ALTRUISIK PADA SISWA MTSN 2 PARIGI DESA KOTARAYA |
Nama: FADILLA SISKA |
Tahun: 2021 |
Abstrak FADILLA SISKA, 2020. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling simbolis Untuk Meningkatkan Perilaku Altruistik Siswa MTsN 2 Parigi Desa Kotaraya.Skripsi.Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mardi Lestari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa menujukkan sikap tidak peduli dengan keadaan temannya, siswa tidak mau meminjamkan buku catatan dan alat tulis kepada teman yang membutuhkan, serta siswa yang tidak bersedia mengajari temannya yang kesulitan dalam pelajaran.Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan subjek penelitian sebanyak 15 orang siswa.Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket perilaku altruistik.Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial.Analisis inferensial yang digunakan adalah statistik dengan rumus Wilcoxon sign rank test pada taraf signifikan 95%. Hasil deskriptif sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolispersentase rata-rata perilaku altruistik sebesar 66.92%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa perilaku altruistik tinggi, sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis, persentase rata-rata perilaku altruistik siswa sebesar 76.41% masuk dalam klasifikasi tinggi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan persentase perilaku altruistik terjadi peningkatan setelah pemberian layanan pada siswa MTsN 2 Parigi Desa Kotaraya. Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa perilaku altruistik siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolis efektif dalam meningkatkan perilaku altruistik pada siswa MTsN 2 Parigi Desa Kotaraya. Kata kunci:Bimbingan kelompok,teknik modeling simbolis, perilaku altruistik. ? |