JudulLAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 DAMPELAS |
Nama: SULVINA L |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik modelling simbolis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 10 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala motivasi belajar siswa. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis statistik menggunakan rumus Wilcoxon Sign Rank Test pada taraf kepercayaan 95% (? = 0,05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik modelling simbolis, terdapat 7 siswa memiliki motivasi belajar rendah dan 3 siswa memiliki motivasi belajar sangat rendah. Setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik modelling simbolis motivas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Dampelas yaitu 2 siswa yang mengalami peningkatan motivasi belajar dari sangat rendah menjadi rendah. Ada perbedaan motivasi belajar antara sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolis efektif meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Dampelas . |