JudulPengaruh Layanan Informasi Cara Belajar Efektif Dalam Meningkatakan Semangat Pada Siswa SMP Negeri 3 Palu |
Nama: YULFIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan Semangat Belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi cara belajar efektif dan menjelaskan pengaruh positif layanan informasi cara belajar efektif dalam meningkatkan semangat belajar siswa. subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket semangat belajar siswa. Data penelitian selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan sebelum dilakukan layanan informasi cara belajar efektif tidak ada atau 0% siswa yang memiliki semangat belajar siswa yang sangat tinggi, ada 10 atau 40% siswa yang memiliki semangat belajar siswa yang tinggi, ada 15 atauu 60% siswa yang memiliki semangat belajar siswa yang rendah, dan tidak ada siswa yang memiliki prokrastinasi akademik yang sangat rendah. Sesudah mengikuti layanan informasi cara belajar efektif ada 10 atau 40% siswa yang memiliki semangat belajar siswa yang sangat tinggi, 14 atau 56% siswa yang memiliki semangat belajar siswa yang tinggi, 1 atau 4% siswa yang memiliki semangat belajar siswa yang rendah, dan tidak ada atau 0% siswa yang memiliki semangat belajar siswa yang sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat dibuktikan bahwa layanan informasi cara belajar efektif mempengaruhi peningkatan semangat belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Palu. Kata Kunci: Belajar efektif, Semangat Belajar, Layanan Informasi |