Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN DAN SANTUN) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 PALU
Nama: ANISA
Tahun: 2020
Abstrak
Anisa, 2020. Pengaruh Tehnik Role Playing Terhadap Peningkatan Perilaku 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dalambimbingan Abdul Munir M.Si Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah perilaku 5S siswa meningkat setelah mengikuti teknik role playing. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh tehnik role playing terhadap peningkatan perilaku 5S siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 12 Palu. Pemberian angket dilakukan sebanyak dua tahap yaitu tahap pertama diberikan sebelum pelaksanaan teknik role playing dan tahap kedua diberikan setelah pelaksanaan teknik role playing. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial berdasarkan rumus wilcoxon sign rank test. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh data perilaku 5S siswa sebelum pelaksanaan teknik role playing, di antara lain: ada 1 atau 12,5% siswa yang memiliki perilaku 5S yang sangat rendah dan 7 atau 87,5% siswa yang memiliki perilaku 5S rendah. Sesudah melakukan role playing didapatkan bahwa ada 5 atau 62,5% siswa yang memiliki perilaku 5S yang sangat tinggi, 3 atau 37,5% siswa yang memiliki perilaku 5S yang tinggi. Dari data tersebut diperoleh hasil peningkatan perilaku siswa sebesar 75%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa nilai T Hitung < nilai T Tabel Wilcoxon atau 0 < 4. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan teknik role playing dapat meningkatkan perilaku 5S siswa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik role playing dapat meningkatkan perilaku 5S siswa. Kata Kunci : Teknik Role Playing, Perilaku 5S(Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up