Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF NON-VERBAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SARUDU
Nama: ILMAYANTI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Ilmayanti, 2020. “Penerapan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Non-Verbal Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sarudu, Program Studi Bimbingan Dan Konseling”. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Abd. Munir. Tujuan penelitian ini adalah mengurangi perilaku agresif non-verbal siswa dengan menggunakan teknik role playing. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan (action research) binbingan dan konseling dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dengan tingkat perilaku agresif non-verbal yang tinggi dan memiliki catatan khusus. Jenis tindakan yang dilakukan adalah penererapan teknik role playing. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Penerapan teknik role playing dilaksanakan pada dua siklus selama 4 minggu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam data pra tindakan terdapat presentase perilaku agresif non-verbal subjek sebesar 54% selama 1 minggu. Setelah dilaksanakan siklus I, presentase agresif non-verbal berkurang sebesar 45,70%. Sedangkan pada siklus II selama dua minggu pelaksanaan layanan, presentase agresif non-verbal berkurang sebesar 53,48%. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat keberhasilan dari pelaksanaan role playing pada siklus II yang telah diperbaiki berdasarkan hasil refleksi dari siklus I. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik role playing dapat mengurangi perilaku agresif non-verbal pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sarudu. Kata Kunci : perilaku agresif non-verbal, teknik role playing

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up