JudulEFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PALU |
Nama: NURHASNI KHAIRUNNISA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming dalam meningkatkan perilaku asertif siswa. Dilatar belakangi oleh rendahnya perilaku asertif pada siswa yang kurang mampu mengemukakan ide dan pendapatnya, serta kurang percaya diri dan merasa cemas untuk berbicara di depan banyak orang. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang siswa kleas X SMA Negeri 2 Palu yang memilik perilaku asertif rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis statistik menggunakan rumus Wilcoxon Sign Rank Test pada taraf kepercayaan 95% (? = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik brainstorming diperoleh 8 siswa yang memiliki klasifikasi perilaku asertif rendah. Sesudah layanan bimbingan kelompok teknik brainstorming dari 8 siswa ada 4 siswa yang mengalami peningkatan klasifikasi perilaku asertif dari rendah menjadi tinggi. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) yang berbunyi peningkatan perilaku asertif siswa SMA Negeri 2 Palu setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik brainstorming tidak lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik brainstorming ternyata ditolak (H0 tidak diterima). Hasil tersebut membuktikan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok teknik brainstorming yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan efektif dalam meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X SMA Negeri 2 Palu. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Perilaku Asertif, Siswa SMA, Teknik Brainstorming |