JudulEfektivitas Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Dalam Mengurangi Perilaku Terlambat Mengikuti Pembelajaran Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Palu |
Nama: FELMA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Felma, 2021. Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Dalam Mengurangi Perilaku Terlambat Mengikuti Pembelajaran Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Micha Felayati Silalahi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku terlambat mengikuti pembelajaran siswa SMA Negeri 7 Palu melalui layanan konseling kelompok teknik cognitive restructuring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 siswa dengan pertimbangan bahwa subjek sering terlambat mengikuti pembelajaran. Jenis tindakan yang dilakukan adalah pemberian layanan konseling kelompok teknik cognitive restructuring. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah dilaksanakan siklus I, persentasi rata-rata perilaku terlambat mengikuti pembelajaran siswa mengalami perubahan sebanyak 29,34%, sedangkan pada siklus II persentasi rata-rata perilaku terlambat mengikuti pembelajaran siswa mengalami perubahan sebanyak 51,33%. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan pada siklus II yang telah diperbaiki berdasarkan hasil refleksi dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa melalui konseling kelompok teknik cognitive restructuring dapat mengurangi perilaku terlambat mengikuti pembelajaran siswa SMA Negeri 7 Palu. Kata Kunci : Perilaku Terlambat Mengikuti Pembelajaran, Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring. |