Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Broken Home Di SMK Negeri 1 Tana Toraja
Nama: JESSY ANGEL CASEY AMPULEMBANG
Tahun: 2022
Abstrak
Jessy Ampulembang, 2022. Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Broken Home di SMK Negeri 1 Tana Toraja. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Mardi Lestari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa setelah mengikuti layanan konseling kelompok lebih tinggi jika dibandingkan dengan sebelum mengikuti layanan konseling kelompok. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa. instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket motivasi belajar. Data penelitian di analisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan rumus Wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum mengikuti layanan konseling kelompok, terdapat 3 siswa memiliki motivasi belajar rendah, dan 3 siswa memiliki motivasi belajar sangat rendah. Setelah mengikuti layanan konseling kelompok, terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yaitu 1 siswa memiliki motivasi belajar sangat Kuat, 2 siswa memiliki motivasi belajar kuat, 3 siswa memiliki motivasi belajar rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa klasifikasi motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Tana Toraja setelah mengikuti layanan konseling kelompok lebih tinggi di bandingkan dengan sebelum mengikuti layanan konseling kelompok. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Broken Home.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up