JudulPENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 PALU |
Nama: WAHYUDI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK WAHYUDI, 2022. Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Motivational Interviewing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Micha F. Silalahi. Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kepercayaan diri siswa. Tujuan utama dalam penelitian ini menguji efektivitas layanan konseling kelompok teknik motivational interviewing dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Pemberian angket kepercayaan diri dilakukan sebanyak dua tahap yakni tahap pertama sebelum dilaksanakan konseling kelompok teknik motivational interviewing dan tahap kedua setelah dilaksanakan konseling kelompok teknik motivational interviewing. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa sebelum diberikan konseling kelompok teknik motivational interviewing, terdapat 83,33% siswa memiliki kepercayaan diri yang rendah, dan 16,67% siswa memiliki kepercayaan diri yang sangat rendah. Setelah diberikan konseling kelompok teknik motivational interviewing, terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa antara lain: 50% siswa memiliki kepercayaan diri tinggi dan 16,67% siswa memiliki kepercayaan diri rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok mengunakan teknik motivational interviewing efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IX SMP Negeri 2 Palu. |