JudulHUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 PALU |
Nama: DWI JULIA FRANSISCA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Dwi Julia Fransisca, 2023. “Hubungan antara Self Efficacy dengan Academic Burnout pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Palu”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Ridwan Syahran Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperjelas hubungan antara self efficacy dengan academic burnout. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dan pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Palu. Populasi penelitian ini adalah 276 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 73 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket self efficacy dan angket academic burnout. Data yang diperoleh dalam penelitian ini di analisis dengan Teknik korelasi product moment pada taraf signifikan 95%. Berdasarkan hasil presentase deskriptif diperoleh 13% siswa dengan self efficacy sangat tinggi. 60% siswa dengan self efficacy tinggi, 26% siswa dengan self efficacy rendah dan tidak ada siswa dengan self efficacy sangat rendah. 8% siswa dengan academic burnout sangat tinggi, 46% siswa dengan academic burnout tinggi, 43% siswa dengan academic burnout rendah dan 1% siswa dengan academic burnout sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis rtabel product moment N=73 pada taraf kepercayaan 95% (?=0,05%). Pada rtabel diperoleh 0,227 dengan demikian maka rhitung > rtabel atau 1,709 > 0,227. Hal ini berarti hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak ada hubungan antara self efficacy dengan academic burnout ditolak, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara self efficacy dengan academic burnout. Kata Kunci : self efficacy, academic burnout |