JudulPENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI BUZZ GROUP TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS XI AKL 1 SMK NEGERI 2 PALU |
Nama: UMMU SYADA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Ummu Syada, 2021. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Buzz group Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas XI AKL I SMK Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Dalam Bimbingan Mardi Lestari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah perilaku sopan santun siswa meningkat setelah mengikuti teknik diskusi buzz group. Tujuan utama penelitian ini adalah unutk menjelaskan pengaruh teknik diskuzi buzz group terhadap peningkatan perilaku sopan santun siswa. subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Palu. Penelitian ini menggunkan desain penelitian eksperimen pre test-post test one group design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial berdasarkan rumus Wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat perilaku sopan santun siswa sebelum pelaksanaan teknik diskusi buzz group, diantara lain : ada 12 siswa yang memiliki sopan santun rendah. Sesudah mengikuti teknik diskusi buzz group bahwa ada 10 atau 83,4% siswa yang memiliki sopan santun yang meningkat, 2 atau 16,7% siswa yang memiliki sopan santun tetap. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa nilai T Hitung < nilai t Tabel Wilcoxon atau -78 < 2. Hasil penelitian menunjukkan tingkat perilaku sopan santun sisa SMK Negeri 2 Palu sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik diskusi buzz group lebih tinggi dibandingkan sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik diskusi buzz group. Kata kunci : Teknik Diskusi Buzz group, perilaku sopan santun, bimbingan kelompok, bimbingan dan konseling |