JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI CARA BELAJAR MANDIRI TERHADAP INTENSITAS BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI ISS III DI SMA NEGERI 9 PALU |
Nama: RIZKIANA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK RIZKIANA, 2022. Pengaruh Layanan Informasi Cara Belajar Mandiri Terhadap Intensitas Belajar Mandiri siswa. Skripsi, Program studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Azam Arifyadi Tujuan dari penelitian ini apakah ada pengaruh positif layanan informasi cara belajar mandiri terhadap intensitas belajar siswa kelas XI IIS III di SMA Negeri 9 Palu. Peningkatan intesitas belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi cara belajar mandiri siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Palu subjek penelitian ini berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah angket kemandirian belajar siswa. Data yang diperoleh selanjutunya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis nol (HO) dilakukan dengan menggunakan statistik yaitu uji t ( satu skor) pada taraf signifikan 95 %. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa intensitas belajar mandiri sebelum diberikan layanan informasi cara belajar mandiri 14,81% siswa yang memiliki intensitas belajar yang tinggi, ada 70,37% siswa yang memiliki intensitas belajar yang rendah dan ada 3,7% siswa yang memiliki intensitas belajar sangat rendah14,81% Setelah diberikan layanan informasi cara belajar mandiri terjadi peningkatan, antara lain terdapat 1,70% siswa yang memiliki intensitas belajar yang sangat tinggi, ada 33,3% siswa yang memiliki intensitas belajar yang tinggi, dan ada 51,85% siswa yang memiliki intensitas belajar yang rendah, dan ada 11,11% siswa yang memiliki intensitas belajar yang sangat rendah. Hasil analisis inferensial membuktikan bahwa ada pengaruh intensitas belajar mandiri siswa, maka setelah diberikan layanan informasi cara belajar mandiri ada peningkatan siswa kelas XI IIS III di SMA Negeri 9 Palu. Kata Kunci : Layanan Informasi,Cara Belajar Mandiri, Intensitas Belajar Mandiri |