JudulPRESTASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN GAYA PENGASUH ORANG TUA (STUDI DESKRIPTIF) SISWA KELAS XI SMA NEGRI 2 PALU |
Nama: ANDINI RISKITA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Andini Riskita, 2020. Prestasi Belajar SiswaBerdasarkan Pengasuhan Orang Tua (Studi Deskriptif Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Palu). Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Munifah. Permasalahan utama pada penelitian ini adalah bagaimana pengasuhan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak di kelas XI SMA Negeri 2 Palu yang bertujuan untuk mengetahui bentuk pengasuhan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang, yang terdiri dari 3 keluarga (3 siswa dan 3 orang tua) dan 1 orang guru bimbingan konseling. Jenis penelitian ini ialah kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari beberapa orang dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam (in depth interview). Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa dari ketiga pola pengasuhan orang tua yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif diperoleh bahwa pola asuh demokratis lebih berpengaruh terhadap prestasi anak. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Pengasuhan Orang Tua. |