Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALU
Nama: SRI WAHYUNI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Sri Wahyuni, 2019. Hubungan antara Interaksi Teman Sebaya dengan Perilaku Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing. Munifah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana interaksi teman sebaya dan perilaku disiplin belajar siswa, serta apakah ada hubungan positif antara interaksi teman sebaya dengan perilaku disiplin belajar siswa. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku disiplin belajar siswa. Sampel yang diambil sebanyak 152 siswa. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket interaksi teman sebaya dengan perilaku disiplin belajar dengan memperoleh data tentang frekuensi interaksi teman sebaya dan perilaku disiplin belajar siswa. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan teknik persentase, dan teknik korelasi product moment pada taraf signifikansi 95 % (? = 0.05). Berdasarkan hasil analisis deskriptif interaksi teman sebaya diperoleh bahwa terdapat 16,45 % siswa yang memiliki interaksi teman sebaya sangat baik, 69,73 % siswa yang memiliki interaksi teman sebaya yang baik, 13,82 % siswa yang memiliki interaksi teman sebaya yang tidak baik. Deskriptif perilaku disiplin belajar 9,22 % siswa yang memiliki perilaku disiplin belajar yang sangat disiplin, 54,60% siswa yang memiliki perilaku disiplin belajar yang disiplin, 32,89% siswa yang memiliki perilaku disiplin belajar yang tidak disiplin dan 3,29% siswa yang memiliki perilaku disiplin belajar yang sangat tidak disiplin. Berdasarkan hasil penelitian keadaan r_tabel product moment dengan N = 152, pada taraf kepercayaan 95% (? = 0.05). Pada r_tabel diperoleh 0,159. Dengan demikian maka r_hitung>r_tabel atau 0,386> 0,159. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada hubungan antara interaksi teman sebaya dengan perilaku disiplin belajar ditolak. Berdasarkan penjelasan tersebut hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara interaksi teman sebaya dengan perilaku disiplin belajar. Kata kunci : Interaksi Teman Sebaya,Perilaku Disiplin Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up