JudulEFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI BAHAYA PENGGUNAAN GAME ONLINE DISERTAI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: MUBARAK |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Mubarak, 2019. Efektivitas Layanan Informasi Bahaya Penggunaan Game Online Disertai Media Audio Visual Dalam Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ridwan Syahran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan apakah pemberian layanan informasi tentang bahaya penggunaan game online disertai media audio visual efektif dalam mengurangi kecanduan game online pada siswa kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektivitas layanan informasi bahaya penggunaan game online pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah angket kecanduan game online. Hasil analisis deskriptif sebelum diberikan layanan informasi bahaya penggunaan game online disertai media audio visual yaitu 25% siswa yang memiliki klasifikasi kecanduan game online yang sangat kecanduan, 55% siswa yang memiliki klasifikasi kecanduan game online yang kecanduan, 20% siswa yang memiliki klasifikasi kecanduan game online yang kurang kecanduan. Kemudian sesudah diberikan layanan informasi bahaya penggunaan game online disertai media audio visual, menurun menjadi 15% siswa yang memiliki klasifikasi kecanduan game online yang sangat kecanduan, 30% siswa yang memiliki klasifikasi kecanduan game online yang kecanduan, dan 55% siswa yang memiliki klasifikasi kecanduan game online yang kurang kecanduan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian layanan informasi bahaya penggunaan game online disertai media audio visual efektif dalam menurunkan perilaku kecanduan game online pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Palu. Kata kunci : Bahaya Penggunaan Game Online, Kecanduan Game Online ? |