JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI PEMAHAMAN NILAI-NILAI KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN SISWA |
Nama: FAUZIYYAH MALLAGUNNA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Fauziyyah Mallagunna, 2022. “Pengaruh Layanan Informasi Pemahaman Nilai-Nilai Karakter Untuk Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa”. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Durrotunnisa. Permasalahan utama adalah rendahnya etika pergaulan siswa yang ditandai dengan sering berkata kotor dan kasar,melanggar tata tertib, ketika ditanya guru mereka menjawab dengan kurang sopan dan tidak menghargai dan menghormati teman yang sedang berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana peningkatan etika pergaulan siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi pemahaman nilai-nilai karakter serta mejelaskan pengaruh positif pemberian layanan informasi pemahaman nilai-nilai karakter terhadap peningkatan etika pergaulan siswa kelas VII C SMP Negeri 11 Palu. Subjek penelitian ini berjumlah 26 siswa. Instrument pengumpulan data adalah angket etika pergaulan. Teknik analisis inferensial yaitu uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa etika pergaulan siswa sebelum mengikuti layanan informasi pemahaman nilai-nilai karakter yaitu ada 12 atau 46,15% siswa yang memiliki etika pergaulan positif , 9 atau 34,61% siswa memiliki etika pergaulan negatif, dan 5 atau 19,23% siswa memiliki etika pergaulan sangat negatif. Sedangkan sesudah diberikan layanan informasi pemahaman nilai-nilai karakter yaitu ada 10 atau 38,6% siswa memiliki etika pergaulan sangat positif, 13 atau 50% siswa memiliki etika pergaulan positif, dan ada 3 atau 11,53% siswa memiliki etika pergaulan negatif. Dari analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi pemahaman nilai-nilai karakter terhadap peningkatan etika pergaulan siswa kelas VII C SMP Negeri 11 Palu. Kata kunci: Nilai-Nilai Karakter, Etika Pergaulan |