JudulHUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEMATANGAN KARIR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 5 PALU |
Nama: MUNFI TRI HARDINA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Munfi Tri Hardina, 2022. Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Kematangan Karir Siswa di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 5 Palu. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Munifah. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana motivasi berprestasi dan kematangan karir siswa, serta hubungan motivasi berprestasi dan kematangan karir siswa di SMAN 5 Palu. Tujuan penelitian mengetahui hubungan motivasi berprestasi dengan kematangan karir siswa. Sampel dalam penelitian 120 orang. Data hasil analisis deskriptif motivasi berprestasi terdapat 8,33% siswa yang menunjukkan motivasi berprestasi sangat kuat, 70% siswa yang menunjukkan motivasi berprestasi kuat, 20% siswa yang menunjukkan motivasi berprestasi tidak kuat, dan 1,67% siswa yang menunjukkan motivasi berprestasi sangat tidak kuat. Selanjutnya hasil analisis deskriptif kematangan karir siswa terdapat 6,67% siswa yang menunjukkan kematangan karir yang sangat matang, 81,67% siswa yang menunjukkan kematangan karir yang matang, 10% siswa yang menunjukkan kematangan karir yang tidak matang, dan 1,66% siswa yang menunjukkan kematangan karir yang sangat tidak matang. Hasil analisis inferensial motivasi berprestasi dengan kematangan karir siswa diperoleh 0,212>0,176 maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan motivasi berprestasi dengan kematangan karir siswa di SMAN 5 Palu. Kata kunci : Motivasi Berprestasi, Kematangan Karir |