JudulRESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MENGEMUKAKAN PENDAPAT (STUDI QUASI EXPERIMENT PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 LABUAN) |
Nama: RAHMAD HADI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Rahmad Hadi, 2021. “Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Percaya Diri Mengemukakan Pendapat (Studi Quasi Experiment Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Labuan” Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Mardi Lestari. Latar belakang dari penelitian ini adalah ditemukan adanya 8 siswa yang mengalami kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara terhadap salah satu guru Bimbingan dan Konseling SMK Negeri 1 Labuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh konseling kelompok restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan percaya diri dalam mengemukakan pendapat. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diberikan konseling kelompok restrukturisasi kognitif terdapat 2 siswa yang memiliki percaya diri dalam mengemukakan pendapat yang sangat rendah yaitu 37?n 31%, 4 siswa yang memiliki percaya diri dalam mengemukakan pendapat dalam klasifikasi rendah yaitu 51%, 51%, 55%,dan 53%, 2 siswa yang memiliki percaya diri dalam mengemukakan pendapat yang tinggi yaitu 62?n 77%. Setelah diberikan konseling kelompok restrukturisasi kognitif, terjadi peningkatan percaya diri mengemukakan pendapat antara lain: terdapat 4 siswa yang memiliki percaya diri dalam mengemukakan pendapat dalam klasifikasi rendah yaitu 48%, 48%, 57%,dan 55%, 3 siswa yang memiliki percaya diri dalam mengemukakan pendapat dalam klasifikasi tinggi yaitu 66%, 60%, dan 64%, 1 siswa yang memiliki percaya diri dalam mengemukakan pendapat dalam klasifikasi sangat tinggi yaitu 91%. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa percaya diri dalam mengemukakan pendapat pada siswa SMK Negeri 1 Labuan setelah diberikan konseling kelompok restrukturisasi kognitif lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan konseling kelompok restrukturisasi kognitif. Penelitian ini membuktikan bahwa layanan konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif efektif dalam meningkatkan percaya diri mengemukakan pendapat siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Labuan. Kata Kunci : Restrukturisasi Kognitif, Percaya Diri Mengemukakan Pendapat, Konseling Kelompok, Bimbingan dan Konseling |