JudulHubungan Antara Aktivitas Pembelajaran Daring Dengan Kepuasan Belajar Siswa Di SMP Negeri 5 Palu |
Nama: AJI PRAYOGA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: I) Mengetahui pelaksanaan aktivitas pembelajaran daring Di SMP Negeri 5 Palu, 2) Mengidentifikasi hubungan antara aktivitas pembelajaran daring dengan kepuasan belajar siswa Di SMP Negeri 5 Palu, 3) Menjelaskan hubungan antara aktivitas pembelajaran daring dengan kepuasan belajar siswa di SMP Negeri 5 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 420 siswa, sampel yang diambil berjumlah 112 orang siswa yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket pembelajaran daring terdiri dari 15 item dan kepuasan belajar siswa 15 item. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan teknik korelasi product moment dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Berdasarkan hasil analisis deskriptif terdapat 46 atau 41.07% siswa yang memiliki tingkat aktivitas pembelajaran daring yang sangat tinggi, 40 atau 39.29% siswa yang memiliki tingkat aktivitas pembelajaran daring yang tinggi, 21 atau 16.96% siswa memiliki tingkat aktivitas pembelajaran daring yang sedang, dan 5 atau 2.68% siswa yang memiliki tingkat aktivitas pembelajaran daring sebaya yang rendah. Selain itu, terdapat 50 atau 45,53% siswa yang memiliki tingkat kepuasan belajar yang sangat tinggi, 40 atau 37?% siswa yang memiliki tingkat kepuasan belajar siswa yang tinggi, 18 atau 15,180/0 siswa memiliki tingkat aktivitas pembelajaran daring yang sedang, dan 4 atau siswa yang memiliki kepuasan belajar siswa yang rendah. Aktivitas pembelajaran daring dengan kepuasan belajar siswa sebesar 0.178 dan nilai signifikan sebesar 0.061 yang menunjukkan bahwa sig 0,05 maka hipotesis nol diterima atau tidak ada hubungan yang signifikan antar kedua variabel dengan kata lain tidak terdapat hubungan antara aktivitas pembelajaran daring dengan kepuasan belajar siswa. |