JudulHUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS DALAM KEGIATAN OSIS DENGAN DISIPLIN BELAJAR PENGURUS OSIS SMA NEGERI 3 PALU |
Nama: RIFKAH MAULIDDYAH |
Tahun: 2019 |
Abstrak Rifkah Mauliddyah, 2019. “Hubungan antara Aktivitas Dalam Kegiatan OSIS Dengan Disiplin Belajar Pengurus OSIS SMA Negeri 3 Palu”. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azam Arifyadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan negatif antara aktivitas dalam kegiatan OSIS dengan disiplin belajar pengurus OSIS. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara aktivitas dalm kegitan OSIS dengan disiplin belajar pengurus OSIS. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 85 pengurus OSIS. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang frekuensi aktivitas dalam kegiatan OSIS dan disiplin belajar pengurus OSIS. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan teknik persentase, dan teknik korelasi product moment pada taraf signifikasi 95 % (? = 0.05). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa 80 % pengurus OSIS aktif dalam melakukan aktivitas dalam kegiatan OSIS dan 20 % pengurus OSIS tidak aktif dalam melakukan aktivitas dalam kegiatan OSIS. Sedangkan 3.52 % pengurus OSIS memiliki disiplin belajar yang sangat tinggi, 42.35 % pengurus OSIS memiliki disiplin belajar yang tinggi, 49.41 % pengurus OSIS memiliki disiplin belajar yang rendah, 4.71 % pengurus OSIS yang memiliki disiplin belajar sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis inferensial, jumlah rhitung < rtabel atau -0.182 < 0.213, dengan demikian H0 diterima Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan negatif antara aktivitas dalam kegiatan OSIS dengan disiplin belajar pengurus OSIS SMA Negeri 3 Palu Kata Kunci : Aktivitas OSIS, Disiplin Belajar Pengurus OSIS |