JudulHUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 3 PALU |
Nama: IRMAWATI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Irmawati, 2019. Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Palu. SKRIPSI. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Muh. Mansyur Thalib. Kata kunci: Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa, serta apakah ada hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Palu. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Palu. Sampel dalam penelitian ini 147 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) status sosial ekonomi orang tua. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif status sosial ekonomi orang tua siswa menunjukkan bahwa, 23,80% orang tua siswa memiliki status sosial ekonomi tinggi, 70,74% orang tua siswa memiliki status sosial ekonomi rendah, dan 5,44% orang tua siswa memiliki status sosial ekonomi sangat rendah. Selanjutnya hasil analisis deskriptif prestasi belajar menunjukkan, 3,40% siswa yang memiliki prestasi belajar sangat tinggi, 21,08% siswa yang memiliki prestasi belajar tinggi, 75,51% siswa yang memiliki prestasi belajar rendah. Hasil analisis inferensial diperoleh 0,726 > 0,159 maka Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Palu. |