JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI NILAI-NILAI KARAKTER TERHADAP PENINGKATAN SIKAP PERGAULAN SISWA KELAS VIIC DI SMP NEGERI 19 PALU |
Nama: INDRIYANI SAFITRI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Permasalahan utama pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif pemberian layanan informasi nilai-nilai karakter terhadap peningkatan sikap pergaulan siswa kelas VIIC di SMP Negeri 19 Palu. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana peningkatan sikap pergaulan sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi nilai-nilai karakter serta menjelaskan pengaruh positif pemberian layanan informasi nilai-nilai karakter terhadap peningkatan sikap pergaulan siswa kelas VIIC di SMP Negeri 19 Palu. Subjek penelitian ini berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah angket sikap pergaulan. Teknik analisis inferensial yaitu uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sikap pergaulan sebelum mengikuti layanan informasi nilai-nilai karakter yaitu: 37% siswa yang memiliki sikap pergaulan positif, 41% siswa yang memiliki sikap pergaulan negatif, dan 22% siswa memiliki sikap pergaulan sangat negatif. Sedangkan sesudah mengikuti layanan informasi nilai-nilai karakter yaitu: 37% siswa yang memiliki sikap pergaulan yang sangat positif, 52% siswa yang memiliki sikap pergaulan yang positif, dan 11% siswa yang memiliki sikap pergaulan yang negatif. Hasil analisis inferensial tidak ada pengaruh positif layanan informasi nilai-nilai karakter terhadap peningkatan sikap pergaulan siswa hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif pemberian layanan informasi nilai-nilai karakter terhadap peningkatan sikap pergaulan siswa kelas VIIC di SMP Negeri 19 Palu. |