Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH LAYANAN INFORMASI CARA BELAJAR EFEKTIF TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN KUASI PADA SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 AMPIBABO)
Nama: MOH DAYAN
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Moh Dayan, 2021. Pengaruh Layanan Informasi Cara Belajar Efektif Terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa (Studi Eksperimen Kuasi) Pada Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Ampibabo. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mardi Lestari. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnyan cara belajar siswa mengenai cara belajar efektif di sekolah. Tujun utama penelitian ini untuk menjelaskan efektivitas pemberian layanan informasi cara belajar efektif di sekolah dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket aktivitas belajar siswa. Data yang diperoleh selanjudnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dengan mengunakan teknik statistik yaitu uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menujukan bahwa aktivitas belajar siswa sebelum diberikan layanan informasi cara belajar efektif di sekolah yaitu 3,57% siswa memiliki aktivitas belajar yang tinggi , 85,7% siswa memiliki aktivitas belajar yang rendah, 10,7% siswa memiliki aktivitas belajar yang sanagt rendah. Sedangkan aktivitas belajar siswa sesudah diberikan layanan cara belajar efektif di sekolah yaitu 7,14% siswa memiliki aktivitas belajar yang sangat tinggi, 60,71% siswa memiliki aktivitas belajar yang sanagt tinggi, 32,14% siswa memiliki aktivitas belajar yang rendah. Dari hasil analisis inferensial menujukan bahwa ada pengaruh layanan informasi cara belajar efektif siswa di sekolah dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Ampibabo. Kata kunci: Cara belajar efektif, aktivitas belajar siswa, Bimbingan dan konseling, Bimbingan Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up