Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS LAYANAN MEDIASI UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING VERBAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PALU
Nama: ADE IKLIL MAHENDRA
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Ade Iklil Mehendra, 2020. Efektivitas Layanan Mediasi Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Verbal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palu. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dian Fitriani. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah tingakat perilaku bullying verbal siswa sesudah diberikan layanan mediasi lebih rendah dibandingkan sebelum diberikan layanan mediasi. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan keefektifan layanan mediasi dalam mengurangi perilaku bullying verbal siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang. Instrument yang digunakan adalah pengumpulan angket. Data yang diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diberikan layanan mediasi, yaitu terdapat 4 atau 66,67% siswa yang memiliki perilaku bullying verbal siswa yang tinggi, 2 atau 33,33% siswa yang meiliki perilaku bullying verbal yang sedang, rendah dan sangat rendah. Sesudah diberikan layanan mediasi, terdapat 3 atau 50% siswa yang memiliki perilaku bullying verbal yang sangat tinggi, ada 2 atau 33,33% siswa yang memiliki perilaku bullying verbal yang tinggi, 1 atau 16,67 siswa yang memiliki perilaku bullying verbal yang sedang, dan tidak ada siswa yang memiliki perilaku bullying verbal rendah dan sangat rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa H0 ditolak (tidak diterima) dengan hasil perhitungan nilai thitung < ttabel atau 0 < 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan mediasi efektif untuk mengurangi perilaku bullying verbal siswa kelas VIII SMP Negeri 2 palu. Kata Kunci: Layanan Mediasi, Bullying Verbal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up