Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTUDI DESKRIPTIF KUALITATIF TENTANG PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS JAUH NGATA PAPU SD INPRES BALUMPEWA
Nama: PUTRI NUR NADIA NASIR
Tahun: 2020
Abstrak
Putri Nur Nadia Nasir, 2019. Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Perilaku Membolos Siswa Kelas Jauh Ngata Papu SD Inpres Balumpewa. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Munifah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku membolos siswa di kelas jauh Ngata Papu SD Inpres Balumpewa bisa terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku membolos siswa yang dilakukan di kelas jauh Ngata Papu. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif yang menghasilkan kata-kata tertulis dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam ( depth interview ). Hasil penelitian dalam penelitian ini di analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku membolos siswa yang terjadi di kelas jauh Ngata Papu SD Inpres Balumpewa ini terjadi akibat faktor keluarga dan lingkungan tempat tinggal. Dimana perilaku ini terjadi akibat kurangnya pemahaman orangtua tentang pentingnya pendidikan bagi anak mereka sehingga anak-anak yang ada di Ngata Papu harus rela membolos sekolah untuk membantu orangtua bekerja dikebun, berjualan di pasar dan ketika ada hajatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas jauh Ngata Papu ini bahwa perilaku mebolos siswa yang terjadi di Ngata Papu ialah perilaku bolos siswa yang terjadi akibat kebiasaan yang dilakukan turun-temurun oleh sejumlah orangtua di Ngata Papu. Kata Kunci : Perilaku Membolos, Balumpewa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up